Minggu, 25 Desember 2016

Komunikasi Pendidikan


Apa itu komunikasi?
Kata atau istilah ”komunikasi” berasal dari Bahasa Latin ”Communicatus” yang berarti ”berbagi” atau "menjadi milik bersama.” Dengan demikian, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antara individu satu dengan individu lainnya melalui sistem lambang, tanda atau tingkah laku.

Definisi komunikasi menurut para ahli:

  1. Komunikasi adalah suatu proses melalui nama seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). (Hovland, Janis & Kelley: 1953)
  2. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. (Berelson & Steiner: 1964)
  3. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki seseorang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. (Gode: 1959)
Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi adalah proses penyampaian stimulus berupa informasi, gagasan, emosi, serta hal lainnya yang ditunjukkan dengan kata-kata, gambar, atau angka oleh seseorang sebagai komunikator untuk membentuk perilaku orang lain.

Tujuan Komunikasi menurut Maman Ukas (2012), antara lain:

  1. Menetapkan dan menyebarkan maksud dari pada suatu usaha
  2. Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan
  3. Mengorganisasikan sumber-sumber daya manusia dan sumber daya lainnya seperti efektif dan efisien
  4. Memilih, mengembangkan, menilai anggota organisasi
  5. Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan suatu iklim kerja dimana setiap orang mau memberikan kontribusi

Proses Komunikasi Pendidikan dalam Pembelajaran:
1. Komunikasi Verbal
   Bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). Mengirimkan sesuatu kepada seseorang, atau menelepon orang tua, teman pacar; berbincang-bincang atau mengobrol dengan teman, membaca puisi di depan kelas, mempresentasikan makalah dalam suatu acara seminar, membaca surat kabar, majalah, jurnal, mendengarkan radio, menonton televise dan sejenisnya, merupakan contoh bentuk-bentuk komunikasi verbal.
2. Komunikasi Nonverbal
    
     Sebagai penciptaan dan pertukaran pesan dengan tidak menggunakan kata-kata seperti komunikasi yang menggunakan gerakan tubuh, sikap, kontak mata, ekspresi muka, kedekatan jarak, dan sentuhan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Berjalan Lancar, antara lain:
  •    Faktor Pengetahuan
  •    Faktor Pengalaman
  •    Faktor Intelegensi 
  •    Faktor Kepribadian 
  •    Faktor Biologis
Model Komunikasi Efektif dalam Pendidikan :
  •    Model Mekanistik
  •    Model Interaksional
  •    Model Psikologis
  •    Model Pragmatis
Hambatan dalam Komunikasi Pendidikan, antara lain:
  1. Faktor Internal terdiri dari hambatan psikologis dan fisik
  2. Faktor Eksternal terdiri dari hambatan kultural, hambatan lingkungan, status effect, semantic problem, perceptual distraction, poor choice of communication channel dan no feedback
Cara Mengatasi Hambatan dalam Proses Pembelajaran yakni, dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar